Artikel / CHAIRMAN

Apa Itu Digitalpreneur?

Blog Artikel dan Info

Apa Itu Digitalpreneur?

Pelaku bisnis yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah sebutan untuk digitalpreneur. Selain enterpreneur, digitalpreneur saat ini juga semakin mewabah. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin mumpuni dan semakin terdepan. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pelaku bisnis seperti digitalpreneur juga semakin banyak digeluti. Apakah Anda ingin menjadi digitalpreneur yang sukses? Bekal kesuksesan menjadi digitalpreneur tentu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Berikut adalah bekal yang dimaksud:

1. Membidik segmen dengan tepat

Bekal pertama adalah Anda harus membidik segmen dengan tepat. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dunia teknologi informasi dan komunikasi itu tidak sekadar bermain teknologi. Berbicara mengenai segmen sendiri jelas sangat luas dan bermacam-macam. Anda harus jelas dan tepat dalam membidik segmen dalam bisnis digital. Salah satu contoh segmen populer dalam menjalankan bisnis digital adalah mobile content seperti download game. Tentu saja Anda dapat membidik segmen yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

2. Melihat peluang pasar

Jangan gegabah ketika Anda hendak terjun dalam dunia digitalpreneur. Anda harus pandai melihat seberapa besar peluang pasar terhadap bisnis yang akan dijalankan. Apakah pasar benar-benar membutuhkan ataukah tidak. Seorang digitalpreneur harus melakukan perhitungan dengan cara melihat peluang pasar. Jangan memaksakan ide-ide yang terlihat mubadzir untuk dijalankan. Anda lebih baik ikuti keinginan pasar dalam menjalankan bisnis digital jika ingin sukses ke depannya.

3. Menjadi kreatif

Digitalpreneur yang sukses itu harus kreatif. Anda tidak dapat bermain di bisnis satu ini tanpa modal apapun. Persaingan di dalam bisnis digital terbilang ketat. Lengah sedikit saja, Anda dengan mudah akan disingkirkan oleh pesaing lain yang sama-sama berkecimpung dalam bidang yang sama. Berikan perbedaan secara signifikan bisnis yang Anda jalankan dengan pelaku bisnis lainnya sehingga orang-orang menjadi lebih tertarik dengan bisnis yang Anda jalankan tersebut.

4. Fokus dengan bisnis yang Dijalankan

Jadilah digitalpreneur yang tidak mudah tergoda untuk melakukan hal-hal aneh. Lebih baik Anda fokus dengan bisnis yang sedang dijalankan. Jangan mudah tergoda untuk menjalankan ide bisnis lain. Apalagi jika bisnis yang sedang Anda jalankan baru berumur jagung. Tetaplah fokus dan lihat reaksi konsumen terhadap bisnis Anda. Digitalpreneur yang fokus dengan bidang usahanya akan menjadi pelaku bisnis yang sukses.

5. Penuh perhitungan

Sebelum Anda benar-benar terjun ke dunia bisnis digital, Anda harus ingat yang satu ini. Bekal berikutnya yang harus Anda miliki yaitu, seorang digitalpreneur harus penuh perhitungan dan jangan bertindak gegabah. Anda harus dapat menghitung seberapa besar keuntungan ketika menjalankan bisnis tersebut. Kemudian apakah investasi dalam bisnis tersebut benar-benar menjanjikan untuk Anda. Semuanya harus jelas. Anda harus memperhitungkan bisnis digital sebelum memulainya.

6. Memberikan pelayanan secara transparan

Selanjutnya ketika bisnis sudah berjalan adalah pelayanan terhadap konsumen. Ketika pelaku digitalpreneur melayani konsumen, maka layanilah secara transparan. Mengingat jual-beli akan berlangsung secara online, tentu konsumen ingin meyakinkan bahwa mereka memilih tempat yang tepat. Untuk itu, setiap kali Anda melayani konsumen, usahakan untuk memberikan segala informasi dengan jelas sehingga konsumen merasa aman dan nyaman setiap kali melakukan transaksi di tempat Anda.

Itulah 6 bekal utama menjadi digitalpreneur yang sukses. Dunia digitalpreneur tidak dapat terpisah dari dunia teknologi dan jaringan online. Menjalankan sistem bisnis dengan tepat dan cermat akan membuat pelaku bisnis sukses ke depannya sehingga jika Anda ingin menjadi seorang digitalpreneur ternama, lakukan 6 bekal di atas.

08/01/2018
1790 orang telah membaca artikel ini.
|Wikipedia |